food.detik: Probiotik Gantikan Antibiotik pada Ayam agar Daging Ayam Lebih Enak

food.detik
Detik.com sindikasi 
Eventbrite makes it happen

Create an event and sell tickets online through Eventbrite. It's simple! Sign up and get started today.
From our sponsors
Probiotik Gantikan Antibiotik pada Ayam agar Daging Ayam Lebih Enak
Oct 1st 2014, 06:07

Antibiotik biasa digunakan oleh peternakan untuk mematikan bakteri sehingga ayam terhindar dari penyakit. Karena antibiotik dapat timbulkan masalah kesehatan, para ilmuwan menemukan probiotik untuk menghasilkan ayam yang sehat.

Perdue, produsen besar yang memproduksi ayam di Amerika Serikat, telah mengurangi penggunaan antibiotik. Ini merupakan langkah maju dalam sebuah industri. Karena mengonsumsi ayam yang mengandung antibiotik dapat menimbulkan resistensi antibiotik yang dapat timbulkan masalah besar untuk kesehatan.

Jika seseorang mengonsumsi antibiotik, kemungkinan bakteri dapat berkembang biak. Penggunaan secara berkala dengan dosis yang tidak tepat dapat menyebabkan peningkatan jumlah bakteri yang kebal terhadap antibiotik.

Menjaga kondisi ayam agar tetap sehat dan mempercepat pertumbuhan, banyak produsen yang menggunakan antibiotik. Dalam kasus ini, Perdue berfokus untuk memastikan telur yang mereka produksi berasal dari ayam yang sehat. Selain itu, para pekerja juga mengkondisikan ayam tetap bersih.

Perdue Farms memang belum menghilangkan probiotik secara penuh. Akan tetapi mereka telah mengurangi atau menghilangkan beberapa penggunaan antibiotik dalam operasinya. Menurut Stewart Brown selaku Executive dari Perdue Farms, perusahaan sedang mencari cara-cara baru untuk menjaga agar ayam tetap sehat dengan pemberian probiotik.

Probiotik merupakan 'bakteri baik' yang dapat mendesak keluar mikroba berbahaya yang dapat membuat ayam sakit.

"Awalnya kami skeptis tentang probiotik. Delapan tahun yang lalu, saya mengatakan bahwa probiotik tidak bekerja optimal pada unggas. Akan tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa ayam yang mendapat probiotik dapat tumbuh dengan sehat," tutur Brown.

Dirinya menolak untuk mengatakan dengan tepat produk apa yang digunakan oleh perusahaan. Akan tetapi ia menyebutkan beberapa jenis probiotik yang dapat diberikan pada unggas termasuk Enterococcus, Lactobacillus dan Bifidobacterium.

Akan tetapi ada efek samping dari pemberian probiotik yaitu ayam tumbuh pada tingkat yang lebih lambat. Hal ini memang meningkatkan biaya pemeliharaan yang lebih besar tapi Perdue terus menghasilkan ayam dengan cara ini asalkan konsumen bersedia untuk membayar sedikit tambahan.

Di pasaran, ayam jenis probiotik memang lebih mahal akan tetapi tekstur daging ayamnya lebih bersih dan tidak berbau lemak. Rasanyapun lebih empuk dan tidak timbulkan bau anyir.

(odi/lus)

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
ayamdalam.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
LihatTutupKomentar