food.detik: Krenyes Gurih Wangi Curry Puff, Pastel Khas Singapura

food.detik
Detik.com sindikasi 
50% off Print Subscription of USA Today

Get the news delivered to your doorstep. Lock in the savings and receive USA Today for just $0.75 a day.
From our sponsors
Krenyes Gurih Wangi Curry Puff, Pastel Khas Singapura
Oct 24th 2014, 08:16

Camilan gurih ini populer di Malaysia dan SIngapura. Bentuknya bulan sabit mirip pastel. Isinya kentang, potongan ayam, potongan telur rebus dan berbumbu kari. Rasanya renyah gurih enak!

Namanya 'curry puff' dan menjadi salah satu camilan khas Singapura. Penganan ini merupakan adaptasi dari Samosa India yang puny abentuk dan isian sama. Ini karena keturunan India menjadi bagian komunitas Singapura.

Ada pula yang mengatakan adaptasi dari makanan Portugis, empanada yang bentuknya sama. Di Malaysia dikenal dengan sebutan 'Epok-epok' atau 'karipap'. Penganan ini terbuat dari adonan tepung terigu dan lemak yang diaduk rata dan pulen.

Adonan kemudian digiling tipis dicetak bundar. Kemudian diberi isian berupa potongan kecil kentang, daging ayam, telur rebus yang sudah dibumbui kari. Dilipat dua lalu dipilin kelilingnya dan digoreng hingga kuning keemasan.

Kelezatan curry puff terletak pada adonan kulitnya. Ada yang membuat lemak (berupa mentega atau mentega putih) berlapis dengan adonan tepung terigu, ditumpuk dan digilas tipis.

Hasilnya, setelah digoreng akan terbentuk adonan kulit yang renyah kering dengan lapisan lemak yang berlingkar-lingkar seperti spiral di tengahnya. Isiannya juga tak terbatas kentang dan daging ayam. Ada juga yang berbumbu merica hitam, sarden, tuna dan lain-lain.

Banyaknya isian curry puff juga menjadi ukuran. Kadang disebut sebagai curry puff 'hamil' karena isiannya membentuk bulatan di kedua sisinya seperti wanita hamil.Next

(odi/odi)
Halaman 1 2

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
471537279.jpg (image/jpg, 0 MB)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
LihatTutupKomentar